Minggu, 30 Januari 2011

Bola Basket

Bapak dari bola basket, Dr James Naismith datang membawa permainan pada tahun 1892 dan permainan pertama yang dimainkan di Beaver Falls Pennsylvania pada 8 April 1893 antara New Brighton YMCA dan Geneva College.
Permainan ini sangat populer dan pada tahun 1914 sebanyak 360 sekolah boasted tim basket. Pada tahun 1939, pertandingan bola basket Laki-laki NCAA College Basketball Championship pertama diselenggarakan dan kemudian turnamen ini dimenangkan oleh University of Oregon.
Pembentukan bola basket profesional terjadi pada tahun 1896 berawal dari perselishan antara anggota team YMCA dan pejabat-pejabat tinggi dan berakhir pada pembentukan anggota tim profesional yang bermain untuk memenangkan hadiah berupa uang.
Pada tahun 1898, NBL (National Basketball League) telah dibentuk dan mensponsori bintang bola basket pertama - Ed Wachter dan Barney Sedran.
Dua tim bola basket profesional pertama mencapai keberhasilan, mereka adalah Buffalo Germans dan Celtics, tetapi selama tahun 1930 yang paling di favoritkan adalah New York Renaissance dan Harlem Globetrotters. Selama ini, bola basket wanita juga populer dan menghasilkan beberapa pemain besar seperti Babe Didrikson dan Bank Alline Sprouse.
Pada tahun 1940, pertandingan bola basket antar pelajar pertama ditampilkan di TV. Pertandingan yang dimainkan antara Pittsburgh dan Fordham di Madison Square Garden, dan membuat lompatan bagi olahraga basket yang menjadikan sebuah sensasi nasional.
Sejak saat itu bola basket telah menjadi salah satu olah raga yang paling disukai, ketika hampir 350 pelajar amerika bersaing untuk mahkota NCAA basketball adalah acara yang paling disukai di Amerika Serikat.
Dalam Pro basket pada 1940 dan 50 di Minneapolis Lakers telah banyak di favoritkan karena banyak memenangkan 5 gelar kejuaraan NBA dan mencetak pemain seperti Bob Cousy dan Bob Pettit.
Tetapi pada akhir tahun dari 1950 sampai 1969, Celtics kemudian memenangkan 11 gelar kejuaraan NBA (8 kali diantaranya dimenangkan secara berturut-turut). Pada era ini pemain yang paling difavoritkan diantaranya termasuk Bill Russell dan wilt Chamberlin dari Philadelphia Warriors.
Selama 1963-1975 The University of California, Los Angeles menjadi unggulan utama karena memenangkan 10 gelar nasional championships, termasuk diantaranya tujuh kali secara berturut-turut. Beberapa pemain besar dari tim UCLA ini termasuk diantaranya Kareem Abdul-Jabbar, Jamaal Wilkes, Bill Walton, Gail Goodrich dan Marques Johnson.
Pada tahun 1967 American Basketball Association (ABA) dibentuk dan banyak orang akan mengingat salah satu pemain bintang Julius Erving dalam seragam merah putih dan biru bola basket. ABA hanya bertahan sampai tahun 1976 ketika bubar kemudian banyak tim-tim yang bergabung dengan NBA.
Pada tahun 1960, bola basket wanita memperkenalkan format 5 pemain dalam satu lapangan penuh dan membuat aturan tentang dribbling tetapi tidak sampai tahun 1985 bahwa Bola Basket Hall of Fame mulai mengesahkan pelatih perempuan dan pemain perempuan.
Beberapa perempuan pertama yang mendapatkan kehormatan ini diantaranya termasuk Carol Blazejowski, Ann Meyers, Cheryl Miller; Nancy Lieberman-Cline dan Anne Donovan.
Pada akhir tahun 1970-an pemain bintang seperti Larry Bird dari Indiana State University dan Magic Johnson dari Universitas Michigan muncul dan pada akhir tahun 1980-an muncul pemain bintang seperti Isiah Thomas dan Dennis Rodman.
Tetapi mungkin pemain yang paling dicintai dari semua pemain adalah Michael Jordan yang membawa Chicago Bulls memenangkan 6 gelar NBA pada tahun 1990-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar